Sebanyak 20.000 beasiswa kuliah bagi lulusan SMA sederajat yang berasal dari keluarga tidak mampu mulai disalurkan Januari 2010. Pemerintah menggandeng 83 perguruan tinggi negeri Departemen Pendidikan Nasional dan 22 perguruan tinggi negeri Departemen Agama menjadi tempat kuliah pilihan mahasiswa.Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Fasli Jalal, di Jakarta, Jumat (18/12/2009), menjelaskan, program yang dinamakan Beasiswa Bidik Misi itu terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Paket C tahun 2010. Mereka bisa memilih kuliah di program diploma dan sarjana di semua PTN. Kuota beasiswa ditetapkan berdasarkan jumlah mahasiswa baru yang diterima setiap tahun atau jumlah total mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.
Guna menyukseskan beasiswa yang ditujukan untuk meningkatkan akses masyarakat miskin ke pendidikan tinggi, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Depdiknas sudah menandatangani nota kesepahaman tentang Program Beasiswa Bidik Misi bersama dengan para rektor, direktur, dan ketua perguruan tinggi negeri pekan ini. Beasiswa yang ditujukan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi itu besarnya Rp 5 juta per semester per orang.
Dengan adanya beasiswa ini, tambah Fasli, persentase anak dari keluarga 20 persen termiskin bangsa Indonesia yang saat ini baru 3,3 persen masuk di pendidikan tinggi dapat dilipatgandakan. Selain itu, ketimpangan antara 20 persen terkaya dengan 20 persen termiskin yang saat ini mencapai 10 kali lipat juga dapat dikurangi.
Menteri Pendidikan Nasional M Nuh mengatakan, beasiswa bagi calon mahasiswa miskin tersebut merupakan salah satu program 100 hari kerja Depdiknas. Program ini merupakan bagian dari komitmen perguruan tinggi sebagai bentuk tanggung jawab sosial bagi masyarakat.
Adapun persyaratan untuk mendapatkan Bidik Misi 2010 adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK/paket C yang dijadwalkan lulus pada tahun 2010 berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi, dan mempunyai prestasi akademik/kurikuler, kokurikuler ataupun ekstrakurikuler.
Setiap calon mahasiswa dapat memilih maksimal dua program studi, baik dalam satu perguruan tinggi maupun di dua perguruan tinggi yang berbeda. Beasiswa diberikan sejak mahasiswa dinyatakan diterima dan memulai kegiatan akademik di perguruan tinggi, sampai menyelesaikan semester 8 (untuk program diploma IV dan S-1) dan semester 6 (untuk program diploma III) dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus mahasiswa aktif.
Diposting oleh tommy blog

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates
http://2.bp.blogspot.com/_sYx8LhsF1y0/SgRxsyZIkKI/AAAAAAAAA3Y/In11dcrV0So/s1600-h/planet_99.png